Blogger Widgets
kelap kelip

translator

1.
English 2. 3. French 4. 5. German 6. 7. Spain 8. 9. Italian 10. 11. Dutch 12. 13. Russian 14. 15. Portuguese 16. 17. Japanese 18. 19. Korean 20. 21. Arabic 22. 23. Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Kamis, 16 Mei 2013

Jenis-Jenis Plafon

Plafon sangat populer dari abad ke-17 sampai awal abad ke-19. Desain dari periode ini biasanya digunakan ilusi istirahat di langit-langit atap rumah dan menjadi daya tarik tersendiri untuk sebuah rumah. Sebagai penutup langit-langit atap, plafond memberikan keindahan dan kenyamanan ketika melintas dibawahnya.


Untuk mendapatkan kesempurnaan tersebut maka pemasangan plafond gypsum, list gypsum, partisi gypsum diperlukan pertimbangan secara artisitik. Desain Plafond Partisi Gypsum dan list gypsum dapat mencerminkan kepribadian pemilik rumah maka pilihlah desain gypsum yang tepat agar tamu yang berkunjung merasakan kenyamanan dan kemewahannya.

Semakin canggihnya teknologi dan beragamnya bahan yang tersedia, membuat penampilan plafond masa kini tak lagi hanya berbentuk datar. Tersedia bentuk gelombang, kubah atau dome, dan masih banyak lagi bentuk lainnya. Terdapat beragam material plafon yang tersedia di pasaran. Plafon dapat terbuat dari gypsum,kayu, asbes, PVC dan street selling. Jenis plafon tersedia dari berbagai motif dan material. Berikut cuplikannya :


1. Plafond dari Tripek
Bahan yang terbuat dari triplek memang murah dengan pilihan ukuran ketebalan.
Kelebihan Plafon Triplek. Karena rangkanya terbuat dari kayu maka tidak perlu dikhawatirkan jika saat pemasangan intalasi listrik akan dipijak oleh instalator.Kekurangan Plafon Triplek. Pada umumnya sambungan triplek akan kelihatan, jika anda menginginkan kesan datar tanpa sambungan akan sulit diwujudkan. Dalam beberapa waktu setelah pemasangan akan kelihatan warna kekuningan jika dicat dengan warna putih (biasanya akan cepat muncul apabila tripleknya kurang bagus, selain itu pemasangan juga mudah. Tapi mudah hancur jika kena air dan juga rentan dimakan rayap.

2. Plafond Gypsum
Bahan plafon dari gypsum sudah sangat umum dan bahkan terlampau sering dijumpai di toko-toko bangunan dan harga yang relatif lebih murah. Kelebihan Plafon Gypsum. Selain cepat dalam pengerjaan, lebih efisien, bobotnya ringan,hasilnyapun lebih rapi. Karena sambungan papan gypsum bisa dibuat tidak kelihatan sama sekali (pastikan menggunakan jasa tukang plafon yang ahli). Model atau bentuk plafonpun akan bisa diwujudkan sesuai dengan keinginan anda, karena sudah tersedia bermacam-macam les profil, motif panel papan tengah dan material pendukung lainnya. Bentuk plafon gypsum bisa dibuat berbagai bentuk, ada yang bertingkat (drop ceiling), kubah (dome) dan lain sebagainya.
Kekurangan Plafon Gypsum. Plafon ini tidak tahan air, dalam artian jika terjadi kebocoran pada atap, sifat gypsum akan menyerap air sehingga bebannya akan bertambah berat yang bisa mengakibatkan ambruk. Namun anda bisa mengantisipasinya dengan melobangi gypsum pada bagian mana yang digenangi air dan kemudian perbaiki kebocoran atap anda.

3. Plafond Kayu atau Lambersering
Kelebihan Plafon Lambersering. Lebih artistik dan cenderung menciptakan suasana ruangan menjadi klasik.
Kelemahan Plafon Lambersering. Pengerjaan lebih sulit dan lama. Harga lebih mahal dibanding dengan plafon gypsum.

4. Plafond Bahan Fiber Semen
Bahan yang satu ini merupakan perpaduan antara gypsum dengan triplek, fiber semen memang lebih murah jika kita bandingkan dengan gypsum. Tapi yang ini lebih berat, makanya dalam memotong harus hati-hati, takutnya nanti retak.Dari segi harga Fiber Semen lebih murah dari Gypsum. Bahan ini cenderung lebih keras dan lebih berat sehingga harus hati-hati sewaktu memotong karena mudah retak. Sifatnya yang keras dan kuat sangat cocok untuk diaplikasikan sebagai plafon, apalagi tidak mudah ternoda oleh kebocoran. Keunggulan plafon GRC tahan terhadap air, lebih kuat, dan ringan. Proses pengerjaanya cukup mudah. Namun Kelemahannya tak tahan benturan. Material GRC di beberapa daerah masih jarang di jumpai.

5. Plafond Bahan PVC
Yang satu ini terbuat dari Plastik Poly Vinyl Chloride (PVC). Yang ini tahan terhadap air dan juga rayap, jadi sangat cocok jika diaplikasikan dengan area indoor ataupun outdoor. Teknik pemasangannya pun mudah yaitu dengan system knockdown. Plafon PVC pada umumnya sudah dengan finishing warna dan motif sehingga tidak perlu tambahan pekerjaan dan biaya cat. Namun harga memang lebih mahal dibandingkan dengan bahan Gypsum dan Triplek karena kualitasnya yang jauh lebih bagus.

6. Plafond Asbes
Asbestos atau panggilan akrabnya asbes, merupakan gabungan enam mineral silikat alam. Asbes biasa digunakan sebagai atap rumah karena memiliki beberapa keuntungan, diantaranya: harga yang murah, ringan, pengerjaan mudah, tahan terhadap panas, kedap suara,dan rumah beratap asbes pun akan terasa

0 komentar:

Poskan Komentar